Minggu, 18 Desember 2011

Merosot, RIM Cuma Mampu Jual 14,1 Juta BlackBerry

detail berita
Ilustrasi BlackBerry (Foto: Runi/ okezone)
WATERLOO - Research in Motion (RIM) melaporkan penjualan BlackBerry dan PlayBook pada kuartal terakhir di tahun 2011 ini. Dari laporan tersebut, pengapalan smartphone dan tablet milik RIM mengalami sejumlah penurunan di triwulan ujung tahun.

Selama tiga bulan terakhir BlackBerry terjual sebanyak 14,1 juta unit, hasil ini mengalami kenaikan 33 persen dari kuartal sebelumnya. Sedangkan pengapalan PlayBook, hanya mampu dikirimkan sebanyak 150 ribu unit saja. Demikian yang dilansir melalui Reuters, Sabtu (17/12/2011).

Kendati naik dari kuartal sebelumnya, sejatinya apa yang didapatkan oleh RIM tidaklah terlalu bagus dibandingkan dengan kuartal yang sama di tahun sebelumnya. Di kuartal yang sama tahun lalu, RIM sukses mengapalkan 14,2 juta unit BlackBerry, atau mengalami penurunan 100 ribu unit di tahun ini. Begitu juga dengan PlayBook, yang bahkan kuartal sebelumnya mampu menjual 200 ribu unit tablet.

Perusahaan asal Kanada itu beralasan telah melihat turunnya pangsa pasar BlackBerry dalam beberapa tahun terakhir karena kehadiran pendatang baru seperti iPhone Apple dan Google dengan platform Android. Bahkan pada tahun 2006, smartphone BlackBerry sukses menguasai pangsa pasar 50 persen, saat ini pada kuartal ketiga tahun 2011, platform OS BlackBerry hanya 8 persen.

Hasil kurang memuaskan ini tentu saja membuat co-CEO RIM Jim Balsille dan Lazaridis meminta maaf atas kinerja perusaahaan yang buruk. Mereka pun langsung 'dihukum' dengan mengurangi gajinya menjadi USD1 dalam setahun.

"Kami meminta kesabaran Anda dan kepercayaan diri. Kita menyadari bahwa kita sudah tidak memenuhi harapan," pinta Lazaridis. (tyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar