Minggu, 18 Desember 2011

Pengalaman Traumatis Bisa Memperkuat Diri

detail berita
ilustrasi (foto : Google)
NEW YORK - Ilmuwan psikologi menemukan bahwa pengalaman seperti  penyerangan, badai, dan duka cita dapat menimbulkan kerusakan psikologis. Namun, fakta lain membuktikan sejumlah kecil pengalaman traumatis bisa membantu orang mengembangkan ketahanan diri.

"Semua orang pernah mendengar pepatah mengatakan, apapun yang tidak membunuh Anda, membuat Anda lebih kuat," kata Mark D. Seery dari University of Buffalo, dalam makalahnya tentang kesulitan dan ketahanan, di jurnal Current Direction in Psychological Science.

Kenyataannya, banyak penelitian psikologi menunjukkan bahwa pengalaman hidup sengsara memiliki efek buruk. peristiwa serius seperti kematian seorang anak atau orang tua, bencana alam, serangan fisik, pelecehan seksual, atau pemisahan secara paksa dapat memunculkan masalah psikologis. Beberapa  penelitian juga mengindikasikan bahwa cara terbaik menjalani hidup adalah dengan tidak mengalami apapun. Tapi menurut Seery, hal tersebut tidak realistis dan belum tentu sehat.

Dalam sebuah penelitian, Seery dan rekannya menemukan bahwa orang yang mengalami kejadian traumatis, menjalani hisup dengan lebih tertekan ketimbang orang-orang lain pada umumnya. Namun mereka juga menemukan, orang yang sama sekali tidak memiliki pengalaman hidup negatif juga mengalami masalah psikologis yang serupa. Sedangkan hasil terbaik diperoleh dari orang yang mengalami sedikit atau beberapa peristiwa buruk.

Salah satu kemungkinan dalam pola ini adalah, orang yang telah melalui pengalaman sulit memiliki kesempatan untuk mengembangkan kemampuan mereka mengatasi masalah serupa.

"Idenya adalah pengalaman hidup negatif dapat menguatkan orang, membuat mereka lebih mampu mengelola kesulitan berikutnya," kata Seery. Demikian diwartakan Physorg, Jumat (16/12/2011).

"Kejadian negatif memiliki efek negatif. Saya benar-benar melihat ini sebagai seberkas cahaya. Terjadinya hal buruk pada seseorang tidak berarti mereka ditakdirkan menjadi rusak karena peristiwa itu," tambahnya. (tyo)

http://techno.okezone.com/read/2011/12/16/56/543464/pengalaman-traumatis-bisa-memperkuat-diri 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar