Sabtu, 26 November 2011

Pendapatan Freelancer


Jika memutuskan untuk mengundurkan diri dan menjadi seorang pekerja lepas. tentunya Anda tidak bisa mendapatkan gaji tetap bulanan.  Dan mumpung masih single dan tidak menanggung hidup siapa pun, pos-pos apa saja yang perlu dihemat?

Menurut Lilis Setiadi, konsultan finansial, sebagai freelancer, Anda bisa mendapatkan penghasilan yang jauh lebih besar daripada Rp10 juta per bulan, bila Anda rajin mencari job dan pandai mengatur waktu sehingga bisa memegang klien banyak dan besar.

Tetapi, bila tidak, Anda berpotensi tidak mendapatkan penghasilan apa-apa sama sekali. Artinya, kunci penghasilan Anda sebagai freelancer ada di tangan Anda sendiri. Sehingga, bila Anda yakin atas kedisiplinan, semangat, dan motivasi diri sendiri, Anda tidak perlu khawatir dengan jumlah penghasilan Anda ke depannya, karena cenderung bisa lebih baik dari penghasilan tetap Anda sekarang.

Di luar berapa penghasilan Anda per bulan nantinya, berhemat selalu merupakan hal yang bijaksana, apalagi dilakukan pada pos-pos yang sifatnya konsumtif. Pos-pos ini contohnya dana yang biasanya Anda sisihkan untuk rekreasi tahunan, nonton di akhir pekan, belanja baju baru, dan sebagainya.

Tanpa informasi detail tentang jumlah anggaran yang Anda punya untuk pos-pos tersebut, secara garis besar pos-pos itu dapat dikurangi dengan beberapa cara. Misalnya, rekreasi tahunan tetap ada, tapi destinasi luar negeri diganti dengan luar kota. Nonton atau makan di mal dengan teman-teman di akhir pekan tetap ada, tapi frekuensinya dikurangi atau pertemuan dikompensasikan dengan kumpul di salah satu rumah teman. (f)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar