Sabtu, 26 November 2011

Semakin Cantik di Usia 40

Pada usia 40, tanda-tanda penuaan makin jelas terlihat. Kulit mulai mengendur, kusam, pori-pori membesar, kering, serta timbul noda-noda kecokelatan (vlek). Perubahan hormon yang makin banyak membuat kulit menjadi lebih rentan. Oleh karena itu, sebaiknya semaksimal mungkin hindari kulit terpapar langsung sinar UV dan polusi.

Memasuki usia ini, Anda harus melakukan perawatan yang jauh lebih intensif. Tidak cukup hanya dengan kosmetik yang dijual bebas di pasaran. Karena, produk-produk tersebut hanya mampu mengoreksi kelainan kulit yang ringan. Sementara, kulit pada usia ini memerlukan cukup banyak koreksi untuk mengatasi masalah yang membandel. Kandungan bahan aktif yang lebih kuat dengan konsentrasi tinggi dari resep dokterlah yang mampu mengatasi problem tersebut. Pada beberapa kasus kelainan kulit yang cukup parah, dokter dapat melakukan perawatan dengan chemical peeling, mikrodermabrasi, ataupun laser.   

Pelembap dan antioksidan sudah menjadi perlengkapan wajib pada usia 40 ini. Gunakan setiap Anda usai membasuh muka di pagi, siang, atau sore hari. Di malam hari, oleskan krim malam yang mengandung AHA (alpha hydroxy acid). Untuk mengurangi kekasaran atau kerutan sekaligus mencerahkan kulit, gunakan produk yang mengandung retinoid atau hidroquinon.

Perbanyak porsi sayuran, buah-buahan, dan air putih daripada sebelumnya, karena, kemampuan regenerasi kulit yang makin berkurang harus dibantu dengan makanan berserat dan bervitamin tinggi. Selain itu, konsumsi juga suplemen dengan teratur. Jika perlu, mintalah suplemen berdasarkan resep dokter agar penggunaannya terawasi dengan baik.

Untuk riasan, gunakan concealer sebagai penutup kerut dan vlek pada wajah. Oleskan tipis-tipis. Pilihlah alas bedak berjenis hydrating foundation untuk dasar riasan sekaligus berfungsi sebagai pelembap tambahan bagi wajah. Demikian juga dengan bedak, gunakan yang mengandung hydrating factor.  Warna riasan sebaiknya kembali ke warna-warna pastel yang lembut untuk memberikan kesan lebih muda dan segar pada penampilan. Jangan lupa untuk menambahkan shading pada area pipi yang mulai turun.

Masalah kerontokan rambut dapat diatasi dengan perawatan intensif. Gunakan selalu hairtonic penumbuh rambut dan hairspa secara teratur. Selain itu, oleskan juga serum khusus untuk menyuburkan akar rambut. Sebisa mungkin hindari penggunaan krim pewarna rambut. Bahan kimia yang terdapat di dalamnya justru akan mempercepat proses kerontokan. Jika ingin mengatasi uban, gunakan pewarna rambut berbahan natural dan oleskan secukupnya pada rambut yang memutih saja. (f)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar